Posted by: djarotpurbadi | April 2, 2009

Menoreh Jadi Pusat Petualangan Alam

KOMPAS: Senin, 2 Maret 2009 | 17:54 WIB

Wates, Kompas – Sejumlah pusat kegiatan wisata petualangan alam akan dibuka di Kecamatan Kokap, Kulon Progo, tahun ini. Lokasi kegiatan berada di puncak-puncak Perbukitan Menoreh yang memiliki jalan menanjak dan dinding lereng curam.

Sampai saat ini sudah dua lokasi yang dipersiapkan oleh pemerintah Kecamatan Kokap sebagai lokasi kegiatan wisata petualangan alam, yakni di Gunung Ijo, Dusun Sungapan I, Desa Hargotirto, dan di Dusun Kalibiru, Desa Hargowilis. Namun, baru Dusun Kalibiru yang sudah mengalami penataan kawasan wisata dengan memakai dana Community Development (CD) dari Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta.

“Kami juga berencana mengajukan dana CD untuk membangun kawasan pariwisata Gunung Ijo. Akan tetapi, kami berusaha untuk menyelesaikan dulu desain tata kawasan,” kata Camat Kokap Santoso, Sabtu (28/2), di Dusun Sungapan I.

Sejumlah fasilitas yang akan disediakan di pusat wisata alam itu, lanjut Santoso, antara lain jalur pendakian dan hiking, fasilitas permainan outbound, seperti flying fox, halang rintang, dan jembatan gantung, hingga ke fasilitas peristirahatan, seperti bungalo dan gardu pandang. Namun, prasarana utama yang harus dibangun adalah jalan masuk menuju kawasan perbukitan yang kondisinya rusak.

Dengan dibangunnya pusat-pusat kegiatan wisata alam, maka warga perbukitan bisa mendapat penghasilan tambahan sebagai pemandu wisata atau penjaja makanan. Dengan begitu diharapkan perekonomian warga perlahan-lahan naik dan bisa mengentaskan kemiskinan yang telah menjadi masalah klasik.

Wakil Bupati Kulon Progo Mulyono, beberapa waktu lalu, mendukung upaya pemerintah tingkat kecamatan dan desa dalam mempromosikan daerahnya sebagai tujuan wisata alternatif atau minat khusus. (YOP)

Sumber: http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/03/02/17542729/menoreh.jadi.pusat.petualangan.alam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: